Breaking News

Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari



Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari
Hai para Pembaca , tahu kah Anda apa yang dipelajari para awak kabin selama mengikuti Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari ? Dan mengapa mereka perlu mengikuti Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari sebelum mereka berprofesi sebagai Pramugari ?
Rata – rata persyaratan minimal pendidikan untuk mengikuti pendaftaran perekrutan awak kabin ( pramugari ) di sebuah maskapai penerbangan domestik  adalah lulusan Sekolah Menegah Atas atau yang sederajat. Karena usia yang masuk kriteria biasanya adalah 18 – 24 tahun yang memang standart dengan usia para lulusan SMA/SMK Sederajat. Namun ,sayangnya kualitas Sumber Daya Manusia lulusan SMA/SMK untuk bekerja di dunia penerbangan khususnya Pramugari sangat minim. Dikarenakan selama mengikuti pendidikan formal dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan tidak mendapatkan wawasan tentang dunia penerbangan maupun kepramugarian yang memadai. Sehingga bekal mereka untuk mengikuti tahap seleksi perekrutan maskapai penerbangan sangat minim .
PSPP Penerbangan ( Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari ) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang dapat Anda ikuti selama 6 bulan dengan metode 4 bulan di kampus dan 2 bulan On the Job Training . PSPP Penerbangan berupaya untuk memberikan bekal yang memadai bagi para peserta didiknya yang bercita- cita untuk menjadi pramugari yang handal. PSPP Penerbangan bersama dengan tenaga pendidik yang sudah profesional dan berpengalaman di bidangnya akan memberikan beberapa Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari yang akan sangat berguna untuk bekal mengikuti seleksi perekrutan maskapai penerbangan serta agar nantinya ketika mereka bekerja dapat menjadi pramugari yang profesional dan memiliki Sumber Daya Manusia yang handal dan berkualitas.

Berikut ini beberapa  Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari yang akan didapat oleh peserta didik Pramugari di PSPP Penerbangan :
1.       Outbond
Sebenarnya Outbond bukanlah materi pelajaran , namun setiap peserta didik baru di PSPP Penerbangan pasti akan diajak untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan Outbond di PSPP Penerbangan di desain sedemikian rupa agar para peserta didik baru dapat saling mengenal satu sama lain dan akan menumbuhkan rasa kebersamaan antar peserta didik baru , serta para peserta didik baru tersebut diharapkan belajar bekerja sama dalam 1 tim atau anggota kelompok dan tidak mengedepankan sikap egois . Hal tersebut tentu juga dapat menjadi pembelajaran yang berharga untuk para peserta didik agar nantinya ketika bekerja mereka telah terbiasa untuk bekerja sama dan tidak egois.
2.       Make Over
Make over adalah kegiatan yang biasanya dilakukan di awal perkuliahan. Kegiatan ini akan sangat berguna terutama bagi peserta didik program pendidikan pramugari yang belum terbiasa berias diri . Kegiatan ini akan dipandu oleh pelatih yang sudah profesional dibidangnya. Dan para peserta didik tak hanya melihat atau mendengarkan instruksinya saja melainkan mereka ikut mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung. Dengan peralatan make up yang telah disediakan oleh kampus ( per siswi berhak mendapatkan 1 set alat make up )
3.       Modelling
Modelling merupakan rangkaian dari kegiatan make over yang tujuannya adalah memperbaiki penampilan para peserta didik. Pramugari adalah pekerjaan yang akan sering berjalan diantara para penumpang ketika di pesawat terbang. Sebagai ambasador dari maskapai penerbangan sebaiknya meskipun hanya sekedar cara berjalan, mereka juga harus memperhatikan. Karena ketika mengikuti perekrutan di maskapai penerbangan, cara berjalan para pendaftar juga tak luput dari penilaian para penguji.
4.       Mock Up and Wet Drills
Ini merupakan pembelajaran tentang tata cara penyelamatan dalam kondisi darurat seperti saat terjadi kebakaran ketika penerbangan atau pesawat terpaksa melakukan pendaratan di perairan maka Pramugari harus dapat sigap dalam melakukan upaya penyelamatan terhadap para penumpang.
5.       Table Manner

Yaitu tata cara makan di undangan makan yang resmi. Menjadi Pramugari tentu nantinya akan banyak mendapat undangan jamuan makan yang resmi. Agar tidak canggung pembelajaran seperti ini sangat diperlukan.



6.       Teori Kuliah Umum
Ada bahasa inggris, seputar kepramugarian, seputar kebandar udaraan , seputar dunia penerbangan, dan lain – lain.
7.       Berenang
Pramugari tugas pokok nya adalahmenjaga keselamatan penumpang. Bagaimana jadinya jika seorang Pramugari yang tidak dapat berenang dapat menyelamatkan penumpang saat pesawat melakukan pendaratan di air ? Sehingga berenang akan menjadi materi yang juga akan diajarkan dalam pendidikan dan pelatihandi PSPP Penerbangan ini.

Itulah 7 Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari yang akan didapatkan oleh para peserta didik. Sebenarnya masih banyak lagi Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari yang belum admin sebutkan . Seperti : Praktek Terbang, Visit Airport, English Practice, Dangerous Goods , dan lain – lain. Yang mana Materi Pelajaran Diklat ( Pendidikan Pelatihan ) Pramugari tersebut hanya dapat Anda pelajari dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan. Gimana Sahabat Pembaca ? Tertarik dengan ilmu – ilmu tersebut ? Yuk bergabung dengan PSPP Penerbangan untuk mendapatkan ketrampilan dan wawasan seperti itu. Info selengkapnya silakan menghubungi panitia penerimaan peserta didik baru 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F.

Tidak ada komentar