Breaking News

Himbauan Awak Kabin ( Pramugari ) yang Sering Dilanggar Oleh Penumpang Pesawat



Banyaknya berita mengenai kecelakaan pesawat terbang membuat para pengguna jasa transportasi udara merasa khawatir untuk bepergian menggunakan pesawat. Hal tersebut menjadi tugas Pramugari untuk membuat para penumpang merasa nyaman dan kekhawatiran tersebut dapat teratasi.

Tugas utama pramugari di dalam pesawat terbang adalah menjaga keselamatan para penumpang selama penerbangan. Selain itu mereka juga ditugaskan untuk menjaga kenyamanan penumpang . Demi terciptanya keselamatan penerbangan , pramugari berupaya memberikan safety demonstration ( demo keselamatan )  sebelum penerbangan dan ketika penerbangan berlangsung. Hal tersebut dilakukan oleh pramugari demi keselamatan penerbangan dan utamanya para penumpang yang tengah menggunakan jasa penerbangannya. Namun, ketika pramugari memberikan himbauan sebagai upaya keselamatan penerbangan kepada penumpang kerap kali tak dihiraukan oleh penumpang.

Inilah beberapa Himbauan Awak Kabin ( Pramugari ) yang Sering Dilanggar Oleh Penumpang Pesawat :

1.      Tidak memperhatikan Pramugari yang sedang menerangkan prosedur keselamatan


Ketika penumpang pesawat telah berada di tempat dudukn ya masing – masing, Pramugari akan memberikan safety demonstration di depan para penumpang. Pramugari sangat menghimbau para penumpang untuk memperhatikan instruksi atau demo yang dilakukan oleh Pramugari, meskipun penumpang tersebut sudah sering bepergian menggunakan pesawat terbang. Namun yang banyak terjadi dan sangat disayangkan oleh pramugari adalah ketika mereka baru duduk di pesawat, kebanyakan penumpang justru langsung sibuk dengan urusannya masing-masing. Ada yang membaca buku, ada yang berbincang dengan penumpang sebelahnya, ada yang sibuk dengan barang bawaan mereka, bahkan ada yang memejamkan mata berusaha untuk tidur. Penumpang tersebut tidak peduli dengan prosedur keselamatan yang disampaikan oleh pramugari. Padahal, hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dari penerbangan karena akan mempengaruhi keselamatan penumpang apabila terjadi kondisi yang tidak diinginkan selama penerbangan.

2.      Tidak Mematikan atau justru mengoperasikan Handphone atau alat elektronik lainnya

Seperti halnya di tempat pengisian BBM , mengoperasikan handphone sangat dilarang karena akan membahayakan semua pihak. Walaupun sudah diberikan larangan dalam mengaktifkan ataupun mengoperasikan handphone dan alat elektonik lainnya namun mayoritas penumpang masih tidak menghiraukan larangan tersebut.
Malahan sering kali di jumpai penumpang yang masih sibuk berkomunikasi dengn handphone mereka ketika pesawat tengah lepas landas. Atau langsung menyalakan handphone ketika pesawat mendarat padahal belum benar – benar berhenti. Penggunaan handphone  atau alat elektronik lain ketika penerbangan tentu akan membahayakan penerbangan baik besar ataupun kecil resiko yang akan terjadi Pramugari sangat menghendaki para penumpang mematuhi himbauan yang diberikan.

3.      Meletakkan bagasi atau barang bawaan di depan Emergency Exit
Di depan pintu darurat memang terlihat cukup longgar sehingga banyak penumpang yang sengaja atau tidak memanfaatkan ruang tersebut untuk meletakkan barang bawaan mereka. Sebenarnya pintu darurat memang sengaja diberikan space yang longgar di depannya agar memudahkan untuk proses evakuasi apabila terjadi kondisi darurat selama penerbangan. Sehingga dengan diletakkannya barang – barang di depan pintu darurat tentu akan menghambat proses evakuasi atau membuka pintu darurat. Tak heran apabila Pramugari menegur penumpang yang meletakkan barang bawaannya di depan pintu darurat.

4.    Melepas Sabuk Pengaman ( Seat Belt ) Ketika diinstruksikan untuk memakai oleh pramugari
              

Dalam penerbangan penggunaan sabuk pengaman atau seat belt ada waktu – waktu tertentu. Penggunaan sabuk pengaman yang benar sangat dituntut dalam dunia penerbangan hal tersebut demi keselamatan pemakainya itu sendiri. Banyak penumpang pesawat terbang yang bahkan tak peduli dengan prosedur keselamatan yang benar terutama pada penggunaan seat belt .
Penggunaan seat belt dapat menjadi salah satu petunjuk identitas penumpang apabila terjadi kecelakaan pesawat yang membuat penumpang jatuh ke laut. Selain itu, penggunaan sabuk pengaman yang benar dapat mencegah resiko cidera yang serius hingga kematian ketika terjadi turbulensi saat penerbangan.Ketika terjadi turbulensi dalam penerbangan penumpang yang tidak mengeratkan sabuk pengamannya bisa terbentur langit – langit pesawat yang tentunya akan sangat membahayakan.

5.      Penumpang tidak membaca kartu petunjuk keselamatan

Dalam setiap penerbangan pasti maskapai penerbangan akan menyediakan kartu keselamatan yang biasanya diletakkan di kantung sandaran kursi. Adanya kartu tersebut bukan hanya sebagai pelengkap saja, melainkan untuk dibaca penumpang agar mereka lebih memahami tentang keselamatan penerbangan. Namun yang terjadi adalah banyak penumpang yang mengabaikan kartu tersebut. Banyak diantara mereka yang tidak mau membaca atau kadang hanya sekedar membuka nya saja tanpa memahami maksud petunjuk yang ada di dalam kartu petunjuk keselamatan tersebut. Padahal, penumpang bisa mengetahui jenis pesawat beserta detail prosedur keselamatan jika mereka mau meluangkan waktu sejenak untuk membacanya. 
Itulah beberapa Himbauan Awak Kabin ( Pramugari ) yang Sering Dilanggar Oleh Penumpang Pesawat . Admin yakin masih banyak lagi himbauan atau aturan penerbangan yang masih saja dilanggar oleh penumpang pesawat padahal Himbauan Awak Kabin ( Pramugari ) sebenarnya adalah demi keselamatan penumpang itu sendiri.
Demikian informasi ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi introspeksi J Jika Anda ingin bergabung di sekolah Pramugari terbaik di Indonesia silakan mencari informasi dengan membaca artikel lain di website ini atau dapat menghubungi panitia pendaftaran ( 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F )

Tidak ada komentar