Breaking News

Pentingnya Tes Buta Warna Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes Buta Warna Calon Pramugari rupanya tidak jauh berbeda dengan tes buta warna pada umumnya. Seperti ketika kamu hendak memasuki sebuah lembaga pendidikan ataupun mengikuti seleksi kerja. Karena tujuannya tak lain juga sama yaitu untuk mengetahui apakah seseorang mengidap buta warna ataukah tidak.
 

Dalam dunia penerbangan, seseorang yang mengidap buta warna hingga saat ini belum tersedia kesempatan kerja. Karena dapat membedakan warna dengan baik sangat mempengaruhi kinerja staff/ karyawan yang berkecimpung di dunia penerbangan.


Khususnya untuk profesi-profesi yang langsung berperan penting dalam kelancaran proses penerbangan seperti pilot, pramugari, mechanic, technisi,staff penerbangan atau juga AVSEC/ Keamanan Penerbangan.


Karena dengan adanya buta warna tentu peluang kesalahan dalam hal membedakan warna seperti warna-warna tombol atau simbol yang tesmuncul pada monitor akan semakin besar. Dan apabila tidak diperbaiki oleh yang lainnya tentu bisa menyebabkan kondisi yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pesawat.

Penyebab Buta Warna

Buta warna merupakan kondisi berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna yang umumnya terjadi karena faktor keturunan. Seseorang yang menderita buta warna cenderung akan kesulitan ketika melihat warna merah, hijau, biru, atau campuran dari warna-warna yang telah disebutkan tadi.


Sebenarnya mayoritas penderita buta warna terlihat masih dapat beradaptasi dengan baik sehingga tidak terlalu terganggu dengan kekurangannya tersebut. Hanya saja untuk bekerja di penerbangan yang memang diperlukan ketelitian yang amat sangat dan kejelian untuk meminimalisir adanya kesalahan membuat penderita buta warna belum memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang penerbangan.


Maka dari itu dalam setiap perekrutan kerja terutama untuk menjadi pramugari akan selalu ada tahap Tes Buta Warna Calon Pramugari seperti yang saat ini sedang kita bahas.


Gejala yang biasanya dialami oleh penderita buta warna dapat terlihat ketika ia hanya bisa melihat beberapa gradasi warna saja tidak seperti orang normal yang tidak menderita buta warna. Gejala lainnya biasanya juga dialami ketika penderita tidak bisa membedakan antara warna merah dan hijau namun masih dapat melihat warna biru dan kuning dengan mudah.


Karena gejala nya seolah dapat tersamarkan makanya banyak penderita buta warna yang tidak menyadari bahwa sebetulnya dirinya terkena buta warna. Terkait penyebabnya seperti yang telah dibahas diawal, bahwa buta warna ini mayoritas dialami karena faktor keturunan atau genetik. Tetapi bisa juga diakibatkan oleh hal lain seperti efek samping penggunaan obat, gangguan kesehatan, faktor usia, terpapar bahan kimia beracun, dll.

Pentingnya Mengenali Buta Warna Sejak Awal

Mengetahui apakah Anda menderita buta warna ataupun tidak tentu sangat lah penting untuk dideteksi sejak dini. Karena selain menghambat aktifitas tertentu mengalami buta warna tentu juga akan mengganggu proses belajar.


Beberapa contoh aktifitas penting yang akan terganggu jika Anda mengalami buta warna adalah sebagai berikut:
  • Kesulitan dalam membedakan rambu lalu lintas
  • Kesulitan dalam membedakan obat yang tidak dilabeli dengan baik
  • Kesulitan membedakan antara daging yang masih mentah dan yang sudah matang
  • Menghambat pencapaian cita-cita untuk profesi tertentu yang butuh kecermatan dalam hal warna
Maka dari itu sebelum mengikuti Tes Buta Warna Calon Pramugari alangkah baiknya jika Anda memastikan sendiri dahulu apakah Anda mengidap buta warna atau tidak.

Contoh Soal Tes Buta Warna Calon Pramugari Tahun 2019

Seperti yang sebelumnya telah saya sampaikan bahwa pelaksanaan Tes Buta Warna Calon Pramugari ini akan berlangsung sama seperti pelaksanaan tes buta warna pada umumnya. Yaitu memakai metode tes ishihara dimana setiap pelamar akan diminta untuk mengenali dan menyebutkan angka-angka yang samar-samar tertulis di dalam sebuah gambar yang terbentu dari titik-titik dengan warna yang berbeda.


Dengan begitu maka akan ketahuan siapa yang menderita buta warna dan siapa yang tidak. Karena penderita buta warna tentu akan kesulitan dalam mengenali angka yang muncul dalam titik titik berwarna tersebut berbeda dengan seseorang yang bebas dari buta warna.
Inilah beberapa contoh soalnya:
Pentingnya Tes Buta Warna Calon Pramugari Maskapai Penerbangan
Pentingnya Tes Buta Warna Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tahap Tes Calon Pramugari Selain Tes Buta Warna

Dalam mengikuti pendaftaran pramugari di maskapai penerbangan, Anda tidak hanya akan dihadapkan oleh tes buta warna yang masuk pada tahap tes kesehatan. Tetapi banyak tahapan pula yang harus Anda siapkan agar Anda bisa lolos dan dinyatakan diterima sebagai pramugari di maskapai yang Anda lamar tersebut.

Tahapan tersebut meliputi:
  • Tes penampilan
  • Tes Bahasa Inggris dan Psikotes
  • Tes Wawancara
  • Tes Kesehatan
  • Tes Pantukhir
Dimana setiap tahapnya menggunakan sistem gugur sehingga bila gagal di tahap 1 secara otomatis tidak bisa mengikuti tahap 2-5, dan seterusnya. Maka dari itu setiap tahapnya harus benar-benar diperhatikan dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Termasuk Tes Buta Warna Calon Pramugari yang masuk dalam tahap tes kesehatan.

Informasi Sekolah Pramugari

Memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi pramugari saja rupanya masih belum cukup memberikan peluang besar untuk diterima sebagai seorang pramugari di maskapai penerbangan. Karena nantinya saat mengikuti pendaftaran pramugari Anda akan berhadapan dengan ratusan kandidat lain dan Anda harus berjuang agar tidak kalah saing dengan mereka.


Dengan begitu tentu Anda tidak cukup dengan hanya mengandalkan potensi yang sudah ada dalam diri Anda saja tanpa memiliki wawasan dan keahlian yang mendukung Anda untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pramugari di maskapai penerbangan.


Maka dari itu calon pramugari sangat disarankan agar mengembangkan potensinya dalam bidang penerbangan dan kepramugarian melalui bimbingan khusus di sekolah pramugari agar lebih siap dan matang dalam menghadapi tes perekrutan pramugari di maskapai penerbangan.


Saat ini di kota pelajar Yogyakarta hadir Sekolah Pramugari yang siap mengantarkan siswa-inya sukses berkarir di dunia penerbangan.

Sekolah tersebut dikenal dengan nama FAAST Penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan sekolah yang cocok bagi calon pramugari dan staff penerbangan. Kampusnya berlokasi di Jalan Siliwangi (Ringroad Utara), Sumber Baru Square Kav D, Jombor, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.


Kabar gembira, karena saat ini FAAST Penerbangan sedang mengadakan pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru. Untuk pendidikan yang akan berlangsung pada bulan Juli dan November.


Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung di FAAST Penerbangan dapat langsung menghubungi panitia pendaftaran melalui kontak di bawah ini:
  • Kak JENI WA 0822 2500 7272 
  • Instagram https://www.instagram.com/daftarpramugari/
  • Fanspage fb.me/DaftarPramugari
Demikian informasi yg dapat saya bagi mengenai pentingnya Tes Buta Warna Calon Pramugari. Jangan lupa bagikan artikel ini melalui tautan sharing.

Baca juga:
Fasilitas FAAST Penerbangan

Tidak ada komentar